COPYRIGHT INTERNATIONAL RELATIONS, AMANDIO VIEIRA DA COSTA. All Our Dreams Can Come True, If We Have The Courage To Pursue Them

Sunday, January 22, 2012

SEHAT ALAMI

Hidup Sehat Dengan Madu
Salah satu ciptaan Tuhan yang paling unik adalah lebah.hewan yang satu ini di ciptakan dengan dilengkapi sengat yang membahayakan dan menyakitkan jika terkena manusia, namun juga di jadikan sarana sebagai pembuat zat makanan istimewa yang memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan manusia. Ya, di balik sengatnya yang seringkali di takuti itu, lebah juga memberikan ‘hasil karya’nya berupa madu yang telah di manfaatkan oleh manusia untuk tujuan kesehatan semenjak beribu-ribu tahun lamanya.

Siapa yang tak mengenal madu?di berbagai belahan dunia maupun, baik barat ataupun timur, madu telah menjadi salah satu makanan (atau minuman) yang di percaya memiliki banyak khasiat, baik untuk kesegaran fisik maupun untuk penyembuhan penyakit. Khasiat dan manfaat yang di kandung oleh madu bahkan telah di perkenalkan oleh para pakar ketabiban dan ahli pengobatan semenjak beribu-ribu tahun yang lalu.


Pada jaman sekarang yang moderen ini, orang semakin sadar akan pentingnya kesehatan dan juga dan semakin sadar akan bahaya zat-zat kimiawi tertentu yang terkandung dalam makanan atau minuman yang bisa di konsumsi sehari-harinya. Gula, misalnya, meskipun sama memiliki rasa manis seperti madu, namun orang pada jaman sekarang menyadari bahwa manisnya gula mengandung zat-zat tertentu yang dapat menjadi ancaman bagi kesehatan.

Lain halnya dengan madu. Di tinjau dari sisi medis modern maupun kepercayaan kesehatan yang  tradisional, madu di percaya memiliki khasiat dan kegunaan sekaligus juga jauh dari kemungkinan mengandung ‘ancaman’ bagi kesehatan sebagaimana produk konsumsi yang di buat oleh pabrik. Sebagai pemanis makanan atau minuman, madu adalah konsumsi yang lezat dengan rasa manis yang alami, bahkan memiliki rasa manis yang berkali-kali lipat di banding gula. Sebagai obat, madu adalah zat yang di percaya sangat mujarab. Bahkan bukan hanya untuk keperluan kesehatan semata-mata, madu juga di yakini memiliki khasiat untuk menjaga dan merawat kecantikan kaum wanita.

Selain itu, madu juga mengandung zat gula yang paling sederhana, sehingga aman bila di jadikan nutrisi bagi bayi atau penderita gangguang pencernaan. Lebih dari itu, madu juga dapat terbukti mengatasi bakteri secara ampuh, karena kandungan potassium di dalamnya dapat berperan sebagai anti bakteri yang dapat melenyapkan bakteri dalam waktu yang singkat. Karenanya, jika di jadikan sebagai sarana pengobatan, madu dapat mengatasi berbagai penyakit yang ringan hingga sampai yang relatif berat.

Begitu hebat dan lengkapnya khasiat madu ini, hingga bahkan para tabib di jaman dahulu menyebut madu sebagai’ santapan surgawi’. Beberapa negara di belahaengobatann dunia Timur semisal India bahkan menjadikan madu sebagai peringkat teratas dalam hal keperluan pengobatan.

Sebagaimana yang telah disinggung di atas, madu telah di yakini sebagai zat yang sangat ampuh bagi keperluan pengobatan   dan upaya menjaga kesehatan.  Hampir segala jenis penyakit, dari yang ringan sampai yang berat, dapat diatasi atau setidaknya  diri-ngankan dengan zat yang satu ini. 

Pengobatan yang  menggunakan madu biasanya menggunakan madu dengan di campurkan dengan bahan-bahan tertentu lainya, atau hanya menggunakan madu saja. Cara penggunaan madu dalam pengobatanpun juga beragam;ada yang di minum, dihirup uapnya, dioleskan pada bagian tubuh tertentu, atau bahkan di campurkan dengan air yang di gunakan untuk mandi.

Pada mulanya, madu hanya di gunakan secara terbatas hanya untuk keperluan pengobatan, dan lingkungan pun juga masih terbatas hanya pada tempat tertentu saja. Namun dengan seiring perkembangan jaman, para ahli pengobatan, khususnya dari Timur, kemudian menemukan bahwa  madu merupakan zat yang dapat di jadikan obat yang dapat di katakan tampa efek samping sama sekali jika di gunakan secara benar dengan takaran atau ukuran yang tepat. Karenanya, seiring dengan banyaknya penelitian dan experimen yang kemudian dilakukan di berbagai belahan dunia, pengobatan dengan sarana madu pun terus mengalami peningkatan dan perkembangan yang pesat hingga mencapai belahan dunia barat.

Madu Dan Manfaatnya Untuk Makanan
Seiring dengan kemajuan jaman dan perkembangan teknologi, madu pun kini telah mengalami banyak ‘modernisasi’. Kalau dulu madu hanyalah hasil dari ‘karya’ lebah, maka kini madu juga telah diolah dengan mencampurkannya dengan beberapa macam tanaman tertentu untuk menjadikan rasanya semaking khas. Melalui modifikasi pencampuran tertentu, rasa madu pun kini telah beraneka macam, sehingga dapat disesuaikan dengan selera atau kebutuhan. Madu rambutan, misalnya, memiliki rasa manis yang agak pahit, sedang madu kelengkeng lebih terasa murni manisnya, sementara madu kapuk memiliki rasa manis yang agak asam dan terasa menyegarkan. Namun meskipun beraneka macam rasanya, khasiat madu tetap saja tak tergantikan.

Tidak hanya sebatas untuk tujuan dan keperluan kesehatan, madu juga memiliki kegunaan dalam hal pengolahan makanan, dengan tujuan untuk semakin melezatkan masakan atau memberikan memberikan rasa yang khas atau lebih sedap bagi suatu makanan. Dengan adanya rasa madu yang kini telah beraneka macam dan memiliki rasa khas yang berbeda, para juru masak atau ahli tata boga mulai menyadari bahwa madu dapat di gunakan sebagai salah satu resep makanan atau pelezat masakan yang dapat memberikan rasa khas yang semakin menyedapkan atau semakin melezatkan.

Jika di gunakan atau di campurkan untuk memasak daging, umpamanya, madu di ketahui dapat menjadikan daging semakin empuk. Sedangkan jika dioleskan pada masakan panggang, madu dapat menjadikan masakan menjadi nampak lebih kekuningan sehingga lebih mengugugah selera. Sementara itu, para pakar tata boga telah menemukan bahwa madu juga dapat di jadikan sebagai campuran yoghurt atau susu asam, dan makanan yang di hasilkan dari hasil pencampuran ini pun kini telah menjadi salah satu makanan favorit di berbagai negara.
Sebagai minuman atau makanan jika madu di konsumsi tampa di buat menjadi apapun atau di campurkan dengan apapun, madu merupakan zat makanan yang kaya akan gizi. Satu kilogram madu adalah setara dengan 50 ribu butir telur, atau setara dengan 5,6 liter susu, atau juga setara dengan 1,7 kilogram daging kambing. Jika melihat perbandingan tersebut, maka kita pun dapat meyakini bahwa hampir mustahil menemukan zat makanan lain yang memiliki kandungan sebesar itu selain madu.

Selain itu, madu juga merupakan bahan pangan yang sangat bermanfaat bagi metabolisme tubuh. Setelah masuk ke dalam sistem pencernaan tubuh, maka enzim katalase yang terdapat di dalam madu akan bekerja melenyapkan zat buangan yang dihasilkan oleh metabolisme tubuh. Manfaatnya, apabila limbah tubuh ini berkurang, maka proses penuaan pada tubuh pun dapat di perlambat atau dalam kata lain menjadikan orang awet muda. Terakhir, madu juga memiliki khasiat untuk menjaga kebugaran tubuh. Karenanya, orang-orang yang sering menderita lesu atau lemah dan letih sangat dianjurkan untuk sering-sering menkonsumsi madu dalam kehidupan sehari-harinya untuk tetap menjaga vitalitas dalam keadaan bagus.   

Madu Dan Khasiatnya Untuk Kecantikan
Bagaimana dengan perawatan kecantikan yang juga di percaya dapat menggunakan madu sebagai sarananya? Para wanita bangsawan di masa lalu banyak yang menggunakan madu sebagai zat untuk menjaga keindahan kulit dan menghaluskan kulit, memperindah dan mempercerah wajah, juga menghilangkan noda-noda pada bagian kulit tertentu.

Pada jaman sekarang yang moderen pun, mulai banyak perawatan salon dan spa yang juga menggunakan madu untuk tujuan serupa. Ilmu kedokteran moderen pun terus-menerus menghasilkan penelitian yang menyebutkan bahwa madu bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan, namun juga berkhasiat untuk tujuan kesehatan, atau perawatan kecantikan.

Jika anda menginginkan kecantikan yang alami, gunakan madu sebagai salah satu penunjangnya. Dalam hal ini, pemakaian yang utama adalah untuk keperluan wajah. Telah cukup banyak penelitian yang menyatakan bahwa masker madu dapat membuat kulit wajah menjadi kencang, sekaligus juga menghaluskanya. Selain itu, masker madu juga dapat menghilangkan noda-noda tertentu pada wajah, sekaligus menlenyapkan bekas-bekas luka atau jerawat.

Untuk perawatan tubuh, madu juga di percaya dapat membangkitkan keharuman alami tubuh, sehingga dapat bermanfaat bagi orang-orang yang kebetulan mengalami gangguan atau keluhan bau badan yang tak sedap.
Selain itu, jika di gunakan untuk perawatan rambut, madu dapat membantu rambut menjadi semakin lembut dan tak mudah kusut, sekaligus juga mengatasi dan mencegah kemungkinan kebotakan pada rambut.     

Referensi:

HOEDA MANISSEHAT ALAMI, Hidup Sehat Tampa Obat-Obatan Kimiawi. Diterbitkan oleh TUGU PUBLISHER, 2009.            

No comments:

Post a Comment