COPYRIGHT INTERNATIONAL RELATIONS, AMANDIO VIEIRA DA COSTA. All Our Dreams Can Come True, If We Have The Courage To Pursue Them

Sunday, February 12, 2012

Hidup Mati Bagi Orang Yahudi

                                                                      Oleh: I.F.Stone

Pada tahun 1944, pemerintahan banyak bangsa sadar bahwa rezim Nazi Jerman telah memusnakan kaum Yahudi Eropa. Organisasi pembebasan dan advokasi hak asasi mansusia yang lain mengajukan pembentukan kamp-kamp pengasingan sementara atau “pelabuhan bebas” di Amerika Serikat bagi para pengungsi yang berhasil melarikan diri dari pembantaian Nazi tersebut. Jurnalis I.F. Stone, menulis dalam majalah politik The Nation, yang menyatakan bahwa jika Amerika Serikat membentuk pelabuhan bebas, maka negara-negara lain akan melakukan hal yang sama sehingga akan menyelamatkan banyak jiwa. Dia mendesak para reporter surat kabar dan editor untuk mendukung proposal dan mendorong presiden untuk mengakui para pengunsi tersebut. Artikel ini sendiri ditulis pada tanggal 10 juni 1944.

Pada konferensi persnya tanggal 2 juni setelah artikel ini ditulis, Presiden [Franklin D. Roosevelt] mengindikasikan bahwa dia tengah mempertimbangkan adanya konversi sebuah kamp tentara di negara ini menjadi “pelabuhan bebas” bagi para pengungsi. Sayangnya, seperti yang New York Post tunjukan, “pernyataan itu bersifat kondisional, tidak pasti. Pemeriksaan masih di atas kertas belaka dan kita bahkan tidak tau apa yang terjadi.” Dalam lingkungan ini, Tuan Stone menganalisis tentang urgensi situasi dan pembelaanya terhadap tekanan publik untuk menjamin aksi dari administrasi yang sangat tidak valid dibandingkan sebelum Tuan Roosevelt berbicara. Catatan aslinya berikut ini.

Washington, 1 juni 1944
Surat ini, yang dialamatka secara khusus kepada pekerja dan kuli tinta (wartawan) dan kepada para editor di seluruh negeri, merupakan seruan bantuan. Pembentukan kamp-kamp penawanan sementara bagi para pengungsi di Amerika Serikat, yang secara gamblang dinamakan “pelabuhan bebas” oleh Samuel Grafton dari New York Post, tengah berada dalam bahaya kemacetan.setiap proposal dengan isi yang sama dihambat sampai menjadi sangat telat dalam menyelamatkan para nyawa yang ingin mendapatkan kehidupan. Saya pun menjadi lebih dari sekadar materi massa, sebagai darinya bersifat konfidensial, yang menhadapi keadaan menyedihkan orang Yahudi Eropa yang di basmi dengan cepat dan mengajukan seruan untuk membantu mereka, dan itu adalah cerita yang mengerikan.     

Siapaun pekerja surat kabar yang bisa menulis tentang masalah ini dalam tulisanya akan sangat membantu dalam menyebarkan seruan bantuan ini. Itu akan membantu menyelamatkan kehidupan, kehidupan orang-orang seperti kita sendiri. Saya berharap saya pandai bicara, saya harap saya bisa menuliskanya di kertas yang menggambarkan apa yang datang kepada saya dari bahasa dokument yang diplomatis dan terkekang. Ketika saya menulis, surat kabar pagi membawa sebuah kabar membawa sebuah kabar dari Lisbon yang melaporkan bahwa “deadline” idiom yang tidak pernah lebih literal telah merenggut kaum Yahudi Bulgaria, dimana para Nazi kemarin membentuk rezim (pemerintahan) boneka di sana.

Saya tidak butuh memikirkan ketakutan yang tebukti tentang kamp-kamp penawanan Nazi dan ruang mematikan bagi kaum Yahudi terbesar. Itu tidak tragis tapi sejenis ketakutan yang membuat gila. Itulah bagian kita di dalamnya menjadi sesuatu yang tragis. Esensi tragedi tersebut bukanlah melakukan kejahatan oleh orang jahat, tetapi melakukan kejahatan oleh orang baik, bebas dari kelemahan, keraguan, kemalasan, ketidakmampuan dalam bertindak dalam hubungannya dengan apa yang mereka ketahui sebagai sesuatu yang benar.

Unsur tragis dalam takdir umat Yahudi Eropa terletak dalam kegagalan teman-teman mereka di barat untuk lepas dari perang dan perilaku birokratis murahan, untuk menhindari resiko ketidaklayakan dan menengtang prasangka, yang dengan sepenuh hati memperlakukan sedalam dan sekeras kata-kata agung yang biasa bisa kita gunakan, demi keadilan dan kemanusiaan, ketika kaum Nazi fanatik melakukan sesuatu untuk ras agungnya atau Putri Yahudi fanatik (the fanatik jap) bagi kerajaanya. Seorang reporter di Washington tidak bisa membantu melihat kelemahan-kelemahan tentang semua hal. Kita setengah hati terhadap apa yang sedikit bisa kita lakukan untuk membantu orang Yahudi Eropa yang sama halnya dengan sikap setengah hati kita akan perang ekonomi kita, tentang mereka yang sudah dicap musuh karena telah membantu musuh-musuh kita, tentang hampir segala sesuatu dalam perang kecuali perang yang sebenarnya.

Ada banyak yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan kaum Yahudi Eropa sebelum perang. Ada banyak yang bisa kita lakukan sebelum perang di mulai. Juga masih ada hal-hal yang bisa kita lakukan sekarang ini yang akan memberi kehidupan baru bagi sedikit orang dan memberi harapan bagi banyak orang. Harapan bahwa semuanya tidaklah hitam di dunia bagi anak-anaknya yang bisa menjadi makanan kuat bagi seseorang yang kelaparan dalam suatu kamp atau saat memasuki sebuah ruang gas mematikan. Tapi merasakanya bahwa teman-teman dan sekutu anda hanyalah bercerita dengan cerita yang kurang bermakna dari apa yang mereka katakan, dan hal itupun tidak mampu memberikan inisiatif untuk bisa hidup hingga ia harus membawa keputusan yang terasa getir. Ketika Tuan Roosevelt [President Franklin D. Roosevelt] membentuk badang pengungsi perang pada januari, dia berkata bahwa itu merupakan “kebijakan pemerintahan ini untuk mengambil semua ukurang dalam kekuasaannya... yang konsisten dengan segala tuntutan perang yang membawa hasil... untuk menyelamatkan para korban penindasan musuh.”

Faktanya sederhana, terimakasih kepada Panlang Merah Internasional dan cerita-cerita bagus bangsa Quakers. Terimakasih pula kepada teman-teman bukan Yahudi yang gagah berani di negara-negara mereka sendiri yang tengah dijajah dan kepada kaum Yahudi yang tidak gentar yang melarikan sejenis gerakan bahwa tanah tepat dibawah hidung Nazi, sesuatu yang bisa dilakukan untuk mengurangi penderitaan kaum Yahudi di Eropa dan beberapa Yahudi yang masih bisa keluar. Bahkan di bawa kertas putih [sebuah pernyataan kebijakan bangsa inggris yang di keluarkan pada tahun 1939 yang memaksakan batasan-batasan drastis terhadap imigrasi Yahudi ke Palestina], masih ada 22.000 visa imigrasi yang tersedia untuk memasuki Palestina. Masalah utama adalah memasukan kaum Yahudi melewati perbatasan Turki tampa paspor agar bisa transit ke Palestina. “pelabuhan bebas” di Turki dibutuhkan, tapi bangsa Turk (penduduk asli Turki), yang dipengaruhi oleh tekanan yang lain dari Inggris dan Amerika Serikat, tidak beri’tikad baik untuk membantu para pengungsi Yahudi, persis seperti kita sendiri yang masih saja tidak berkehendak untuk membantu, yakni dengan memberi mereka tempat berlindung sementara. Hanya perintah oleh eksekutif Presiden yang membentuk “pelabuhan bebas” di negara ini yang bisa mendesak bangsa Turk dengan keyakinan yang baik dalam menhadapi mereka; dibawah kondisi seperti sekarang ini, mereka tidak bisa tapi merasa muak dengan pembelaan-pembelaan kita. Dan tidak lagi kita menunda menyelamatkan kaum yahudi yang masih tersisah, memberikan kesempatan yang paling tipis untuk mengentaskan mereka. Antara 4.000.000 hingga 5.000.000 kaum yahudi Eropa dibunuh sejak Agustus 1942, ketika kampanye pemusnahan Nazi dimulai.

Ada orang disini yang berkata bahwa Presiden tidak mau mengambil resiko melakukan kebaikan ini sebelum dimulainya pemilihan Presiden (agar suaranya terdongkrak). Saya percaya bahwa itu adalah sebuah penhinaan terhadap orang Amerika. Saya tidak percaya, tapi orang fanatik yang melakukan akan keberatan memberikan nafas sementara bagi ribuan orang pengungsi hingga bisa menerbangkan mereka dari penindasan . itulah sebuah pertanyaan akan keberanian dan keyakinan baik Roosevelt. Semua yang dia seru untuk dilakukan persis seperti apa yang Fransisco Franco [diktator Spanyol] lakukan beberapa tahun yang lalu, ya, Franco. Franco mendirikan “pelabuhan bebas”, kamp-kamp penawanan, berbulan-bulan yang lalu bagi para pengungsi yang melintasi batas-batas negaranya, para pengungsi yang menjadi korban dari para sekutu dan patronnya sendiri, Hitler. Mengetahui kemaniakan Fuhrer yang membenci Yahudi, maka kebaikan pada diri Franco mengambil keberanian yang patut dipertimbangkan dibandingkan Tuan Roosevelt yang harus menhadapi sedikit senyum seringai editorial, mungkin dari Chicago Tribune. Saya katakan “mungkin” karena saya tidak tahu bahwa Kolonel [Robert] McCornick [salah satu pemilik Tribune] pada kenyataan bermusuhan dengan Roosevelt.

Kapasitas resmi Washington untuk menemukan alasan bagi kelambanan mereka tidak pernah berakhir, dan banyak orang di Departemen Negara dan perang yang memainkan bagian dalam masalah ini bisa menghabiskan berbulan-bulan dalam mengisap ibu jari legalistik atas beberapa masalah. Jadi, banyak hal yang mungkin dilakukan, tetapi usaha mereka sudah terlalu terlambat. Lebih dari setahun yang lalu, pemerintah Swedia menawarkan untuk mengambil 20.000 anak Yahudi dari Eropa yang diduduki Nazi jika Inggris dan Amerika Serikat Menjamin makanan bagi mereka dan setelah perang menjamin repatriasi mereka. Inggris secara terbuka bergerak cepat dengan kasus ini, tapi anehnya itu membutuhkan tiga atau empat bulan untuk mendapatkan jaminan dari pemerintah Amerika, dan pada waktu itu situasinya telah memburuk untuk satu usaha yang tampaknya menghalangi seluruh proyek. Dalam kasus lain, pemerintahan Bulgaria menawarkan visa bagi 1000 orang Yahudi jika pengaturannya bisa di buat dalam suatu waktu tertentu untuk mendatangkan mereka. Sebuah kapal dihadapkan seketika itu juga, tetapi itu membutuhkan tujuh minggu bagi pejabat Inggris untuk mendapatka kejelasan bagi proyek tersebut dari London, dan pada waktu itu batas waktu telah terlalu. Catatan-catatan tersebut, ketika bisa dipublikasikan, akan menunjukan banyak insiden yang sama.

Berita bahwa Amerika Serikat telah membentuk “pelabuhan bebas” akan membawa harapan bagi orang-orang yang sekarang tidak punya harapan tersebut. Itu akan mendorong kenetralan dalam membantu para pengungsi yang lebih banyak, karena kita bisa mengeluarkan beberapa dari mereka yang telah siap untuk diakui. Yang lebih penting, itu akan memberikan argumen bagi contoh dan bukti tentang kepastian dalam negosiasi-negosiasi untuk membentuk “pelabuhan bebas” di Turki, harapan terakhir bagi Yahudi Balkan. Saya meminta para pekerja surat kabar untuk menunjukan kepada Presiden ekspresi-ekspresi mereka dalam bentuk pendapat di surat kabar mereka sendiri bahwa jika dia ragu-ragu karena takut ada reaksi politik yang tidak menyenangkan, itu berarti dia salah mengerti terhadap perasaan orang Amerika yang sebenarnya!     

            
Referensi:
George Sanford, Gerhard L. Weinberg, dkk, ADOLF HITLER DAN HOLOCAUST: Mengungkap Fakta, Sejarah, Dan Kontroversi Di Balik Holocaust, Jl.Angrek 97 A - 97 B Sambilegi Lor Maguwoharjo, Depok, Sleman, Jogjakarta, Penerbit PRISMASOPHIE, 2007.


  

No comments:

Post a Comment